4 Alur untuk Urus Surat Numpang Nikah

4 Alur untuk Urus Surat Numpang Nikah

Jodoh memang suatu misteri, juga termasuk teknik bertemunya, dengan siapa dan dari mana asalnya. Banyak cerita yang kelihatannya tak masuk akal, kala pada kesudahannya penantian selesai di pelaminan dengan seseorang yang sama sekali tak punya kisah sama dengan hidup kita. Nggak cuma lain hobi, lain tempat sekolah, lain kantor namun juga lain daerah asal. Kalau begini ceritanya, nggak cuma lain prosesi adat ketika pernikahan, tapi pun ada yang butuh diurus untuk dapat mendapatkan kitab nikah.

Yap, menurut agenbolaonlineterpercaya menikah secara sah dan dinyatakan negara memang mewajibkan kita guna mengurus sejumlah surat melewati birokrasi kantor pemerintah. Salah satunya yang mesti anda tahu ialah jika anda dan pasangan berasal dari wilayah yang bertolak belakang dan akan menggelar pernikahan di wilayah asal si Calon Pengantin Wanita (CPW). Ada surat yang mesti dibawa Calon Pengantin Pria (CPP). Jadi, nggak asal susunan di KUA saja.

Namanya surat Numpang Nikah. Surat ini dikeluarkan andai pemohon, dalam urusan ini CPP, akan mengerjakan pernikahan di wilayah asal CPW

4 Alur untuk Urus Surat Numpang Nikah
4 Alur untuk Urus Surat Numpang Nikah

Surat Numpang Nikah ini dikeluarkan andai pemohon, dalam urusan ini CPP, akan mengerjakan pernikahan bukan di wilayah asalnya sendiri, tetapi di wilayah asal CPW. Pada tiap wilayah mungkin bakal ada tidak banyak perbedaan, khususnya dalam urusan biayanya. Namun, pada intinya, surat Numpang Nikah ini dikeluarkan dari KUA asal CPP dan guna ditujukan ke KUA lokasi tinggal CPW. Untuk menemukan surat dari KUA ini, anda harus melalui sejumlah tahap birokrasi. Yah, barangkali kelihatannya tidak banyak ribet, namun untuk dapat menuju satu kata sah dengan dia yang anda cinta, lautan saja diseberangi. Masa iya ngurus birokrasi justeru nggak mau?

Langkah awal ialah membuat surat pendahuluan di RT/RW di mana anda (CPP) tinggal

 

Hal yang mesti disiapkan :

KTP asli
Kartu Keluarga asli

Langkah mula untuk menemukan surat Numpang Nikah dibuka dengan menemukan surat pendahuluan dari RT/ RW setempat. Biasanya, Bapak ketua RT sudah memiliki template eksklusif untuk penciptaan surat Numpang Nikah. Jangan lupa pun untuk distempel ya!

Selanjutnya ialah ke kantor kelurahan, pun untuk menemukan surat pengantar

 

Hal yang mesti disiapkan :

KTP (fotokopi 2 lembar)
Kartu Keluarga (fotokopi 2 lembar)
Surat pendahuluan dari RT/RW (hasil pada tahapan sebelumnya)
Selanjutnya ialah menuju kantor kelurahan guna mendapatkan surat pendahuluan juga. Jangan lupa guna menyertakan surat pendahuluan yang telah diperoleh dari RT/RW seperti diterangkan pada tahapan sebelumnya. Di kantor kelurahan ini, anda akan menemukan surat pendahuluan untuk selanjutnya di berikan ke KUA.

Langkah terakhir ialah mendapatkan surat Numpang Nikah di KUA. Yeay, sebentar lagi anda akan SAH jadi suami istri, Sayaang ~~

 

Hal yang mesti disiapkan :

Surat pendahuluan dari kelurahan (fotokopi 1 lembar)
Informasi nama calon pasangan (suami/istri)
Informasi nama Ayah calon pasangan
Informasi alamat menyeluruh tempat bermukim calon pasangan
Langkah terakhir ialah datang ke KUA guna mendapatkan surat Numpang Nikah. Jangan lupa guna menyiapkan hal-hal yang sudah dilafalkan di atas. Ini penting, lagipula tentang informasi nama menyeluruh CPW, nama menyeluruh ayah CPW dan alamat menyeluruh CPW. 3 urusan ini nantinya bakal ditanyakan oleh pihak KUA. Setelah itu, surat pendahuluan alias surat Numpang Nikah dapat didapatkan. Surat berikut yang nanti akan anda bawa ketika mendaftarkan diri di KUA wilayah asal CPW sebagai di antara syarat dapat menggelar pernikahan di wilayah asal CPW.

Gimana, ternyata nggak ribet-ribet amat, ‘kan? semoga dengan penjelasan tentang alur teknik mengurus surat Numpang Nikah ini seluruh persiapan pernikahan anda makin fasih dan dimudahkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *